Plafon Gypsum Untuk Hunian Modern

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi termasuk dalam bidang arsitektur, pilihan para konsumen untuk huniannya kini juga semakin beragam. Untuk bagian plafon misalnya, jenis-jenis plafon dengan material yang dahulu sering digunakan seperti asbes atau triplek sekarang sudah tak banyak diminati lagi.  Bahan pengganti yang sekarang lebih banyak digunakan adalah plafon gypsum yang lebih rapi, tak mudah terbakar, dan sangat sesuai sebagai bagian dari desain interior yang juga mempunyai fungsi mempercantik rumah.

Plafon Gypsum

Beragam desain plafon gypsum untuk rumah modern

Untuk hunian di wilayah perkotaan, desain rumah minimalis yang mengutamakan fungsi memang lebih banyak disukai. Untuk membuat rumah-rumah minimalis modern tersebut tak terlalu tampak “biasa” rancangan desain langit-langit yang cantik dengan plafon gypsum dapat menjadi pilihan sebagai fungsi estetika. Pada umumnya, pemilik rumah banyak menginginkan agar rumah yang ditinggalinya terlihat lebih luas walaupun dibangun di atas lahan yang terbatas. Untuk itu biasanya atap rumah dibuat lebih tinggi agar ruangan terlihat lebih lapang. Selain itu Anda juga bisa memilih desain  plafon modern seperti langit-langit bertingkat atau up and down ceiling.

Selain rumah minimalis, ada pula yang lebih menyukai gaya modern klasik sebagaimana rumah-rumah di daerah pedesaan Amerika. Karakter interiornya pada umumnya adalah memiliki warna dominan yang lembut atau warna pastel yang ceria. Untuk desain plafon tentu harus disesuaikan dengan konsep dasar rumah yang hendak  dibangun agar tercipta harmonisasi atau keseimbangan. Dengan memilih langit-langit plafon gypsum Anda tak perlu khawatir dalam membebaskan kreatifitas Anda karena bahan ini cukup fleksibel dan mudah dibentuk sesuai keinginan.

Anda bisa mengekspresikan selera klasik Anda ini pada ruangan yang paling banyak diakses pengunjung yaitu ruang tamu. Untuk memberikan kesan klasik Anda bisa memilih motif langit-langit yang sederhana dengan garis-garis profil pada plafon tersebut. Untuk bagian atap Anda bisa memilih warna yang satu tone dengan warna cat dominan pada rumah. Tak perlu sama persis tetapi sebaiknya masih dalam satu gradasi warna agar terlihat selaras. Bila Anda termasuk orang berkarakter kuat, pemilihan warna-warna yang lebih berani seperti emas, merah hati, hitam atau coklat tembaga dapat menjadi alternatif.

Penggunaan plafon gypsum pada umumnya bisa diterapkan pada seluruh rumah, tetapi karena sifatnya yang menyerap air sehingga menjadi lembab dan lambat lain akar rapuh, sebaiknya untuk area kamar mandi Anda tak menggunakan bahan ini. Tetapi untuk bagian garasi, dapur, atau tungku, penggunaan plafon berbahan gypsum sangat direkomendasikan karena sifatnya yang tak mudah terbakar. Selain itu bahan mineral gypsum juga mudah diperbaiki bila terjadi kerusakan. Anda cukup merenovasi pada bagian yang rusak saja tanpa perlu mengganti keseluruhan langit-langit.

Penggunaan plafon gypsum pada kamar tidur juga sangat tepat karena karakter bahan gypsum yang mampu meredam suara. Dengan demikian Anda bisa membuat kondisi kamar tidur Anda menjadi lebih nyaman tanpa gangguan suara-suara bising dari luar kamar. Sebagai area pribadi bagi setiap orang, seharusnya Anda membuat “taman zen” Anda ini senyaman mungkin termasuk dengan penataan interiornya yang dibuat sesuai selera Anda. Untuk bagian langit-langit telah tersedia beragam pilihan motif, ornamen, dan bentuk yang cantik untuk Anda. Anda bisa memilih plafon berbahan gypsum dengan bentuk bulat, persegi, kotak, atau yang lainnya.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa yang memasang plafon gypsum pada rumah Anda adalah para pekerja yang benar-benar kompeten agar terlihat rapi dan cantik.
Vertical Design ID
Jasa Gypsum Jakarta Updated at: 10/28/2015

No comments:

Post a Comment