Wallpaper Dinding Untuk Kesempurnaan Tampilan Interior Rumah

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa mempercantik rumah. Kebanyakan pemilik rumah memilih mengecat hunian mereka dengan warna-warna yang dipilih sesuai dengan selera, karena alasan biaya. Tapi ternyata ada alternatif lain untuk bisa menghiasi bagian dinding rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Ya, dengan wallpaper dinding. Biasanya pemilihan wallpaper berdasarkan dengan keinginan maupun konsep interior rumah. Anda pun dapat menciptakan kombinasi untuk menghasilkan desain yang berbeda dari yang lain, tapi tentunya tanpa mengurangi nilai estetika yang akan tersuguhkan. Semuanya harus ada sinkronisasi, kesan bertabrakan malah membuatnya semakin tidak menarik.
Wallpaper dinding
Wallpaper Dinding Mengubah Suasana Rumah

Pemilihan wallpaper tidak boleh dilakukan sembarangan; harus ada perhitungan yang matang. Ketika anda memutuskan untuk menggunakan wallpaper dinding dan memoles dinding agar nampak memukau, akan ada satu masalah lagi yang mucul, yaitu pemilihan corak dan warna yang sesuai dengan keadaan serta ukuran ruangan. Sama halnya dengan warna cat dinding, corak wallpaper menghasilkan kesan yang berbeda-beda. Misalnya, wallpaper dengan motif bunga atau tanaman yang berukuran besar dan berdaun lebar dapat menimbulkan kesan sempit atau terlalu ramai untuk ruangan yang berukuran kecil. Sebaliknya, motif yang terlalu kecil terkesan tidak kelihatan di ruangan yang luas.

Cara Memilih Motif Wallpaper Ruangan?

Berikut adalah cara menentukan warna dan motif wallpaper, adalah :
  • Ruangan yang sempit. Pilih wallpaper yang memiliki warna terang. Hal tersebut bisa membuat letak antara dinding tampak jauh.
  • Ruangan yang luas; Kebalikan dari sebelumnya, anda dapat memilih wallpaper warna gelap, agar keadaan yang tercipta menjadi lebih nyaman
  • Ruangan yang memanjang. Untuk sisi kanan dan kiri, sebaiknya menggunakan warna yang terang, tapi untuk memperlihatkan suasana yang sempurna, dapat mengkombinasikannya dengan warna gelap di bagian tengah serta lantainya.
  • Ruangan yang lebar. Pada dinding kiri dan kanan dipilih yang memiliki warna gelap, sedangkan tengahnya diberi wallpaper dinding warna terang. Agar terlihat seperti mendekatkan jarak pada dinding bagian kanan kiri, sedangkan tengah semakin jauh
  • Ruangan sempit dan plafon tinggi. Supaya menimbulkan kesan ruangan panjang, pilihlah motif horizontal ditambah warna terang, sedangkan plafonnya diberi warna gelap dibandingkan dindingnya.
  • Ruangan dengan plafon rendah. Anda bisa memakai motif wallpaper vertikal agar ruangan nampak tinggi dan gabungkanlah warna terang pada plafon.

Seperti diketahui, pemasangan wallpaper memang mudah, praktis dan menghemat waktu dibanding mengecat. Tak hanya itu, hasilnya terlihat lebih ekspresif karena banyaknya corak dan warna-warni desain yang bisa diaplikasikan. Jangan lupa untuk memadupadankan dengan warna furniture untuk menciptakan harmoni pada desain interior rumah anda.

Harga Wallpaper dan Pemilihan Bahan

Ternyata masih ada hal lain yang harus diperhatikan selain warna dan motif wallpaper, yakni pemilihan bahan. Bahan akan mempengaruhi mutu dan ketahanan wallpaper di rumah anda. Ada dua jenis bahan yang lazim digunakan, yaitu kertas dan vinyl (sintetis). Jenis kedua lebih menarik perhatian orang dan banyak digunakan karena warnanya mengkilat, mudah dibersikan, water proof (tahan air) serta yang paling penting adalah harga wallpaper tipe ini relatif lebih murah.

Terakhir adalah proses pemasangan, tahap ini juga membutuhkan kehati-hatian tingkat tinggi. Sedikit kesalahan saja pada pemasangan wallpaper bisa membuat hasilnya berantakan, dan kesan artistik yang diidamkan tidak menjadi kenyataan. Sebaiknya, jika tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan yang cukup, jangan memasang wallpaper sendiri. Gunakanlah jasa tukang yang telah professional untuk membantu. Resikonya adalah munculnya gelembung-gelembung udara atau batas antar wallpaper dinding juga tidak akan terlihat begitu jelas.
Vertical Design ID
Jasa Gypsum Jakarta Updated at: 6/15/2014

No comments:

Post a Comment