Plafon Gypsum / Plafon PVC, Perlunya Memilih Yang Sesuai

Semua orang tentu saja ingin memiliki tempat tinggal. Konsep yang matang harus didukung dengan pemilihan plafon rumah yang sesuai.  Gunanya adalah untuk menonjolkan sisi artistik yang sempurna pada setiap ruangan di dalam rumah. Faktor estetika memang perlu diperhatikan, tapi tentu tidak mengesampingkan fungsi utamanya yaitu untuk melindungi dari udara serta panasnya cahaya matahari. Saat ini, para desainer interior telah menemukan terobosan-terobosan dan inovasi terbaru untuk menciptakan sebuah desain yang penuh dengan estetika, sehingga kesan menarik akan timbul dengan sendirinya.
Plafon rumah
Perlunya memilih plafon rumah yang sesuai

Sebenarnya kegunaan plafon rumah tak terbatas pada yang telah disebutkan di atas, namun juga untuk meletakkan lampu atau sebagai peredam suara berisik yang ditimbulkan dari luar, misalnya air hujan. Atas pertimbangan itulah pemilihan plafon harus dilakukan dengan seksama, sehingga tercipta kesan yang nyaman, rapi, indah dan mewah serta meningkatkan nilai jual rumah (jika suatu saat anda berencana menjualnya). Secara tidak sadar, para tamu yang datang untuk berkunjung terkadang melihat bagian langit-langit. Tentu tidak nyaman bukan jika mereka disuguhkan dengan plafon yang bolong atau menggelembung di sana sini, karena pemilihan bahan dan pemasangan yang tidak sesuai..

Apa Saja Bahan Untuk Membuat Plafon Rumah

Saat ini banyak orang mulai memikirkan desain plafon rumah, selain faktor fungsionalnya. Namun selain itu, plafon juga bisa menyembunyikan konstruksi bangunan yang tidak sempurna di bagian loteng, seperti kabel lampu yang bergelayut atau pipa air yang melanglang di atap. Inilah yang mendorong munculnya kreasi baru yang mengagumkan. Bentuk plafon sudah tak lagi datar, bahkan ada yang berbentuk kubah, dome, bergelombang dan lainnya. Material yang digunakan pun bermacam-macam. Berikut adalah ulasannya :

Plafon yang terbuat dari gypsum

Kelebihannya banyak, yaitu proses pengerjaannya tergolong singkat, efisien, hasilnya rapi dan bobotnya ringan. Jika anda menggunakan jasa tukang, maka sambungannya dapat tidak terlihat sama sekali, sehingga nampak tersusun dengan apik. Motifnya juga bervariasi karena telah tersedia les profil, material pendukung, bentuk panel papan tengah dan lainnya. Anda pun bisa memilih macam-macam jenisnya sesuai dengan keinginan; ada yang bertingkat, bentuk bunga-bunga, ukiran dan sebagainya. Kekurangannya yaitu tidak tahan air, sehingga jika terjadi kebocoran, plafon gypsum cenderung akan meresap air dan bisa berbahaya jika runtuh.

Plafon yang terbuat dari PVC

Bahan yang digunakan adalah plastik Poly Vinyl Chloride (PVC). Keuntungannya memang tak tanggung-tanggung, karena sifatnya tahan terhadap air dan rayap. Peruntukannya juga bisa untuk indoor maupun outdoor. Nmaun, harga yang ditawarkan untuk plafon PVC memang tergolong mahal, tapi anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan seperti untuk biaya pekerja dan penggunaan cat, karena umumnya PVC ini telah memiliki finishing warna serta motif. Pemasangannya pun mudah, yaitu dengan menggunakan sistem knockdown.

Plafon yang terbuat dari Fiber Semen

Plafon ini terbuat dari kombinasi antara gypsum dengan triplek. Tentu saja setiap bahan memiliki ciri khas tersendiri. Keuntungannya adalah water proof alias tahan air, ringan, dan kokoh. Tapi dalam proses pengerjaannya dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian tingkat tinggi, karena bila ceroboh saat memotong, akan mudah retak. Harga jualnya juga lebih murah dibanding gypsum. Kekurangannya yaitu tidak tahan terhadap benturan.

Tiga bahan diatas dapat anda pilih sesuai dengan selera dan budget yang tersedia. Tapi jika masih bingung untuk menentukannya, anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Anda akan mendapatkan solusi yang terbaik sesuai dengan desain rumah dan anggaran yang telah anda alokasikan untuk membeli plafon rumah. Selamat berkreasi.
Vertical Design ID
Jasa Gypsum Jakarta Updated at: 6/18/2014

2 komentar:

  1. Tergantung selera dan kebutuhan desain ruangan nya mau seperti apa y mas, dan tergantung budget tentu nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kurang lebih nya seperti itu ya mbak, misal ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi biasa nya plafonnya di buat berbeda-beda model nya

      Hapus