Plafon Gypsum Berlubang? Ayo Perbaiki

Terkadang kita dibuat kesal saat ada lubang plafon gypsum pada atap rumah kita, penyebab yang sering sekali terjadi biasa nya karena langit langit atau plafon rumah atau atap tempat tinggal kita terkena air atas sebab akibat adanya kebocoran diatas plafon.
Lalu bagaimana cara menutup lubang plafon gypsum tersebut agar menjadi rapi lagi seperti semula, karena jika dibiarkan tentunya akan mengganggu pemandangan.
Bagi saudara yang ingin mencoba untuk memperbaiki sendiri lubang plafon tersebut berikut kami berikan cara-cara nya, karena jika menggunakan jasa tukang plafon gypsum biasa nya mereka tidak mau, karena volume nya yang tak seberapa.
Plafon Gypsum
Pertama, periksa dahulu apakah papan Gypsum plafon tersebut sudah lepas dari kerangka nya, atau masih menempel kuat, sebaiknya ketika plafon terkena kebocoran segeralah perbaiki, karena jika terlalu lama dibiarkan efeknya akan semakin melebar kerusakan nya padahal yang terkena bocoran cuma satu dua titik.

Kedua, potong dengan cutter lubang tersebut dan buat potongan kotak misal 20x20cm atau 40x40cm tergantung lebar area yang terkena bocor.

Ketiga, siapkan papan Gypsum baru dan potong papan Gypsum sesuai dengan ukuran lubang plafon gypsum yang berwarna hitam akibat terkena bocor tersebut, siapkan juga bubuk compound, skrup gypsum, dan besi hollow atau jika besi hollow tidak ada bisa di ganti dengan kayu yang tipis, saudara dapat membeli bahan bahan tersebut di toko bahan bangunan.

Keempat, letakkan dua buah besi hollow yang di potong lebih panjang dari ukuran papan Gypsum yang akan digunakan sebagai penutup lubang plafon, misal ukuran papan Gypsum 20x20cm, potonglah besi hollow dengan ukuran 30cm, dan taruh di atas papan tersebut dengan kedua sisi nya dibagi menjadi dua dengan ukuran sama, rekatkan gypsum dan besi hollow tersebut dengan skrup.
Jika sudah, pasang papan tersebut dengan cara masukkan dahulu satu sisi, kemudian seluruh nya ke atas plafon, tumpangkan dengan pas ke empat sisi nya.

Selanjutnya tambal dan rapikan dengan bubuk Compound yang dicampur dengan air, lakukan pencampuran air dan bubuk Compound dengan pas, jangan terlalu encer dan jangan terlalu keras, lihat di bagian kemasan untuk hasil pencampuran terbaik.
Selanjut nya melakukan perataan menggunakan bubuk Compound, setelah penambalan sudah rata dan mengering, yang terakhir proses pengecatan plafon gypsum yang berlubang tersebut.
Sekian sedikit tips dari kami, terimakasih dan semoga bermanfaat. Baca juga Wallpaper Dinding Untuk Kesempurnaan Tampilan Interior Rumah.
Vertical Design ID
Jasa Gypsum Jakarta Updated at: 6/10/2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar