Partisi Ruangan, Solusi Masalah Ruang di Rumah Kecil

Bangunan yang berdiri di atas tanah yang tidak terlalu luas terkadang menjadi masalah bagi pemiliknya, karena ruang gerak lebih terbatas. Solusi yang banyak dipilih orang adalah meminimalisasi penggunaan dinding. Selain itu, ruang privat di rumah kecil biasanya tidak begitu jelas. Namun, anda tetap bisa mengakalinya dengan menggunakan partisi rumah. Mungkin kedengarannya sederhana, tapi ternyata kegunaannya sangat banyak.

Dengan partisi, anda juga tetap bisa membatasi antara ruang publik dengan privat. Kegiatan anda tidak akan terganggu dan fleksibilitas yang diperoleh juga tinggi. Partisi sangat cocok bagi anda yang memiliki hunian kecil minimalis, namun sudah dikaruniai buah hati.
Partisi Ruangan
Alasan Menggunakan Partisi Ruangan

Secara sederhana, partisi berarti sekat, atau pembatas atau pembagi ruangan menjadi ukuran yang kebih kecil. Ternyata, partisi juga bisa dijadikan bagian dari desain interior sehingga nampak lebih cantik. Bahkan saat ini penggunaannya sudah merambah ke tempat perkantoran, sekolah rumah sakit dan lainnya. Misalnya, partisi kantor digunakan untuk membagi ruang kerja karyawan dan manajer, karena biasanya pembagian ruangan kantor belum direncanakan secara detil pada saat kantor dibangun. Jadi, partisi dapat disesuaikan dengan jumlah dan posisi karyawan.

Hal yang sama juga terjadi di lembaga-lembaga pendidikan, seperti kelas. Karena sifatnya tidak permanen, partisi ruangan bisa dibuka setiap ada acara besar seperti rapat orang tua murid atau pentas kesenian yang melibatkan orang banyak, sehingga terbentuklah aula yang panjang dan lebar. Oleh karena itu, penggunanya semakin digemari, karena keuntungan yang bisa didapatkan.

Jenis-Jenis Partisi Ruangan

Sebenarnya ada beberapa varian partisi rumah yang dapat dipilih, sehingga anda sendiri juga bisa menentukan batasan-batasan dan kelegaan yang anda inginkan. Berikut adalah beberapa jenisnya:

  • Partisi non-permanen. Bentuk dan desain dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dipindahkan. Peminatnya tak sedikit, karena selain untuk pemisah, juga dapat dijadikan backdrop. Untuk mempermudah penggeserannya, dipasang roda di bagian bawahnya
  • Permanen. Sifatnya tidak dapat digeser-geser. Jika ingin diganti, maka harus dibongkar, karena partisi ini biasanya telah menyatu dengan dinding, plafon, lantai dan komponen lainnya.
  • Akordion, pemasangannya di langit-langit lalu menjuntai ke bawah. Misalnya adalah tirai atau gorden
  • Folding panel, terdiri dari 2 hingga 3 panel yang berdiri. Tapi bila sudah tidak dipakai, dapat dilipat
  • Partisi masif; bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah unsur yang kompak dan akan menutupi jarak pandang secara visual maupun audio. Dipasang untuk partisi ruangan yang memiliki privasi tinggi, seperti kamar tidur atau ruang kerja manajer.
  • Semi transparan, perpaduan antara masif dan transparan. Jadi masih bisa mendengar suara dan melihat ke luar atau ke dalam.
  • Transparan, berfungsi untuk mengurangi kebisingan dan membatasi ruang gerak.

Bahan pembuatan partisi ruangan

Salah satu bahan yang lazim digunakan untuk partisi rumah atau kantor adalah rotan. Bahan alami ini menghasilkan kesan yang artistik, karena biasanya dijalin sendiri oleh para pekera di industri rumahan. Jika pengerjaannya dilakukan dengan baik, maka partisi yang dihasilkan akan menunjukkan alur atau tekstur rotan dengan jelas. Sekalipun pengerjaannya membutuhkan keahlian khusus, harga partisi rotan cukup terjangka, dan umumnya digunakan sebagai partisi non-permanen.

Bahan berikutnya adalah kayu, yang  pamornya memang tak akan pernah pudar. Desainnya yang bermacam-macam membuatnya banyak diminati orang, apalagi ditambah ornamen hiasan berupa ukiran. Konsepnya dapat berupa lemari, rak hias atau sketsel. Perpaduannya pun tidak terlalu sulit, karena bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti batu, besi dan sebagainya.

Selanjutnya alalah partisi kaca. Partisi ini mudah dibersihkan. Andapun juga bisa menggunakannya sebagai partisi kantor, misalnya pembatas antara ruang rapat dengan lainnya. Sehingga akan ada kontak dengan bagian ruang yang lain. Kesan yang tersirat dengan memakainya adalah nuansa modern. Tapi sangat tidak disarankan untuk diterapkan di rumah bila anda memiliki anak kecil.
Vertical Design ID
Jasa Gypsum Jakarta Updated at: 6/16/2014

2 komentar:

  1. pemberian partisi pada rumah kecil bisa membuat ruangan sempit menjadi tampak luas dan rapi ya mas :)

    makasih tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba indri dan tentunya untuk menjadikan ruangan tersebut menjadi lebih mempunyai banyak fungsi

      Hapus